Ø Setiap selesai
murottil pagi, kami selalu dianjurkan untuk sholat dhuha berjamaah. Apakah hukum
sholat dhuha bejamaah itu lebih muakkad? Ataukah lebih baik sendiri?
Jawaban:
Ø Secara umum
sholat sunah yang disyariatkan untuk berjamaah adalah sholat sunah idul fitri
dan adha, sholat kusuf, sholat istisqo’, sholat tarawih dan sholat witir. Sedangkan
untuk sholat dhuha ini tidak disyariatkan dilakukan secara berjamaah. Namun, bukan
berarti ketika tidak disyariatkan untuk berjamaah maka tidak boleh berjamaah, tetap
diperbolehkan untuk berjamaah dan tetap mendapatkan pahala.
Maka, sholat dhuha berjamaah setelah murotil pagi hukumnya diperbolehkan
bahkan menjadi sunah apabila bertujuan untuk mengajarkan atau membiasakan para
santri untuk melaksanakan sholat dhuha. Dan mengenai mana yang lebih utama
diantara sholat dhuha berjamaah dengan sholat sendiri, maka diperinci:
1) Melihat sholat
dhuha itu tidak disyariatkan untuk berjamaah maka sholat dhuha sendiri lebih
afdhol.
2) Mempertimbangkan
adanya tujuan lain dalam pelaksanaan jamaah dalam sholat dhuha yakni
membiasakan atau mengajarkan para santri untuk sholat dhuha maka lebih baik
berjamaah.
Referensi:
1. المجموع شرح المهذب الجزء الخامس ص:63 دار الكتب العلميه
2.
خاشية الجمل على شرح المنهاجة الجزء الأول ص:478 دار الفكر
3.
بغية المشترشدين ص:44 دار الفكر
0 comments: