Kamis, 12 November 2020

Semua Tentang Bulan Dzulqo’dah dan Agustus

Bulan Dzulqo’dah

          Secara bahasa,Dzulqo’dah terdiri dari dua kata: Dzul,yang artinya sesuatu yang memiliki dan Al-Qo’dah,yang artinya tempat yang di duduki.Bulan ini disebut Dzulqo’dah,karena pada bulan ini,kebiasaan masyarakat arab duduk (tidak bepergian) di daerahnya dan tidak melakukan perjalanan atau peperangan.(Al Mu’jam Al Wasith,kata: Al Qo’dah)

          Bulan ini memiliki nama lain Diantaranya,orang jahiliyah menyebut bulan ini dengan waranah.Ada juga orang yang menyebut bualan ini dengan nama: Al Hawa’.(Al Mu’jam Al Wasith,kata: Waranah atau Al Hawa’)

          Dzulqo’dah mempunyai keistimewaan karena didalamnya Allah melarang manusia untuk berperang.Didalam Dzulhijjah manusia mempersiapkan diri untuk melaksanakan ritual dan manasik haji.Pada Bulan Muharram mereka kembali ke negeri mereka masing-masing.Sedangkan pada Bulan Rajab orang dari berbagai pelosok negeri yang datang ke Baitullah kembali ke negerinya dalam keadaan aman.Namun yang tidak kalah pentingnya adalah Bulan Rajab menjadi momentum Nabi Muhammad berkomunikasi dengan Allah untuk menerima perintah shalat pada peristiwa Isra’ Mi’raj.

          Dzulqa’dah merupakan bulan kesebelas dalam penanggalan islam.Secara bahasa yang lain,Dzulqo’dah berarti”penguasaan genjatan senjata”,karena Bangsa Arab dilarang melakukan peperangan.Diantara keutamaan Bulan Dzulqo’dah ialah termasuk diantara bulan-bulan haji.

          Menurut Ibnu Rajab,Rasulullah pernah melaksanakan umrah empat kali dalam bulan-bulan haji.Salah satu hikmahnya sebagaimana disebutkan oleh Ibnu Qayyim ialah ibadah umrah pada bulan haji setara dengan pahala haji dibulan-bulan haji.

          Keistimewaan lain yang dimiliki oleh Bulan Dzulqo’dah ialah bahawa masa tiga puluh malam yang dijanjikan oleh Allah kepada Nabi Musa untuk bertemu dengan-Nya terjadi pada Bulan Dzulqo’dah,sedangkan sepuluh malam sisanya terjadi pada Bulan Dzulhijjah.

          “Dan telah Kami janjikan kepada Musa (memberikan Taurat) sesudah berlalu waktu tiga puluh  malam,dan Kami sempurnakan jumlah malam itu dengan sepuluh (malam lagi),maka sempurnakanlah waktu yang telah ditentukan Tuhannya empat puluh malam.Dan berkata Musa kepada saudaranya yaitu Harun:Gantikanlah aku dalam (memimpin) kaumku,dan perbaikilah,dan janganlah kamu mengikuti jalan orang-orang yang membuat kerusakan,”

 

Bulan Agustus

          Nama Bulan Agustus diambil dari nama kaisar Romawi,Augustus Caesar.Dalam bahasa latin,August berarti keberuntungan atau terhormat.

          Sebelum itu,bulan ini dikenal dengan sebutan Sextilis,merupakan bulan keenam dari sepuluh bulan dalam kalender Romawi,yang dimulai dengan Bulan Maret.

          Anglo-Saxon,atau Negara-negara kepulauan yang terletak di Eropa menyebutkan bulan ini dengan sebutan “Weodmonath” yang berarti “rumput bulan”.

          Bulan Agustus adalah bulan yang memiliki angka kelahiran tertinggi di Amerika,sedangkan di Inggris pada Bulan September.

Secara tradisional musim untuk makan lobster di Swedia dimulai pada Hari Kamis kedua pada Bulan Agustus.

August menduduki urutan ke-18 dalam daftar nama anak bayi laki-laki di Denmark pada tahun 2015.Sedangkan di Swedia nama August menduduki urutan ke-18 dalam daftar nama paling umum untuk bayi laki-laki pada tahun 2014.Dan statistik menunjukkan bahwa 22 persen laki-laki bernama August di Swedia lahir pada Bulan Agustus.

          Di Amerika Bulan Agustus di waspadai sebagai Bulan Kerontokkan Rambut  Nasional (National Hair Loss Awareness Month).

          Pada tahun 2009 Komite Penamaan Islandia menyatakan August bukanlah nama yang tepat untuk menamai anak.Oleh karena itu nama ini tidak diperbolehkan lagi.Tanggal 1 Agustus diperingati sebagai Hari Yorkshire Day dan Hari Scraf Pranuka Sedunia.

 


Previous Post
Next Post

0 comments: